5 Aplikasi Desain Animasi 3D Untuk Pemula dan Profesional

Posted on

Membuat animasi 3D memang tidak mudah bagi seseorang yang tidak terbiasa atau baru mempelajarinya. Tetapi, dengan bantuan 5 aplikasi di bawah ini, mampu membantu Anda untuk desain grafis bahkan juga animasi 3D akan jauh lebih mudah.

Berikut 5 aplikasi desain grafis untuk Anda yang gemar menggambar animasi:

  • Google SketchUp Make

Seperti namanya, Google SketchUp Make memang berada dalam naungan perusahaan search engine terkemuka, Google. Dengan aplikasi ini, seseorang yang tidak berbakat menggambar pun bisa membuat animasi 3D sesuai keinginannya. Perangkat lunak yang satu ini tidak membatasi desainernya dalam penentuan jenis animasi. Oleh karena itu tidak heran bahwa Google SketchUp Make merupakan program yang menjadi favorit para desainer visual.

Mempelajari cara kerja Google SketchUp Make tidak membutuhkan waktu yang lama. Maksimal hanya dalam hitungan menit hingga jam. Selain mudah dipelajari, kamu juga bisa mendownload tutorialnya dalam bentuk buku panduan maupun video. Agar lebih menguasai desain dan tidak kaku dalam berkarya, maka bergabunglah dengan komunitas pemakai Google SketchUp Make dari seluruh dunia. Banyak hal yang bisa dilakukan mulai bertukar info sampai tips unik.

  • Blender

Berbeda dengan Google SketchUp Make, Blender lebih menonjolkan pada sisi blending yang sesuai dengan namanya. Untuk membuat sebuah desain animasi 3D seseorang bisa mengubah model menjadi karakter tertentu. Tidak hanya menarik, Blender juga mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi sebagai sarana dalam melakukan pengeditan, pembentukan kembali, atau pembaruan model.

  • DrawPlus Starter Edition

Dengan tampilan yang mirip Adobe Photoshop dan Corel Draw, DrawPlus Starter Edition memiliki beberapa kelebihan. Pertama, jenis animasi 3D bisa terlihat benar – benar nyata. Jika dimaksimalkan oleh sang desainer, maka hasil karya DrawPlus Starter Edition mampu menyaingi program – program yang lebih berat.

Selain bentuk karakter wajah, DrawPlus Starter Edition juga dapat dimanfaatkan untuk desain logo, bangunan serta animasi lain. Bahkan kamu bisa menciptakan sendiri kreasi futuristik untuk model alam seperti tumbuhan dan hewan. Karena kelebihannya itu, DrawPlus Starter Edition menjadi tantangan tersendiri terutama bagi para mahasiswa desain komunikasi visual.

  • Zanoza Modeler (ZModeler)

Jika aplikasi – aplikasi sebelumnya lebih menitikberatkan desain animasi 3D untuk hobi atau tugas, maka Zanoza Modeler (ZModeler) dikembangkan justru untuk kepentingan lain. Pada umumnya hasil gambar dari program ini dioptimalkan sebagai pelengkap game atau tayangan visual lainnya. Jadi mulai rangka hingga finishingnya, Zanoza Modeler (ZModeler) sangat perlu dimanfaatkan para pembuat game. Meskipun hasil animasi 3D tidak sedetail program desain untuk game lainnya, tetapi kualitas yang dihasilkan sangat tinggi.

  • K – 3D

K – 3D adalah aplikasi yang membantu seseorang menciptakan karakter manusia dalam bentuk model 3D secara gratis. Tidak hanya itu, K – 3D juga memiliki beberapa fitur pendukung dalam plugin dan fungsinya sehingga fleksibilitas aplikasi ini sangat tinggi serta unggul di modeling poligonal, NURBS, patch, kurva serta animasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *